“KAPITALISME TELAH GAGAL DALAM MENSEJAHTERAN RAKYAT, MEA ADALAH PROGRAM PEMERINTAH UNTUK MERAMPAS HAK & MENYENGSARAKAN RAKYAT”

Pernyataan Sikap Aksi Serentak KPOP

(Kesatuan Perjuangan Organisasi Pemuda)

27 April 2015

kpopMasyarakat Ekonomi Asean atau pasar bebas wilayah asean adalah program yang akan dilakukan oleh pemerintahan jokowi-jk pada akhir tahun 2015. Apa yang telah dikatakan oleh jokowi-jk bahwa berjalannya MEA akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi negara. Tapi sejatinya, MEA adalah program liberalisasi yang semakin menghancurkan Indonesia. Indonesia yang dijadikan basis pasar dan basis produksi karena melihat banyaknya sumber daya manusia, tenaga kerja dengan upah yang murah dan tidak lain dengan kekayaan sumber daya alamnya yang sangat besar. Dengan semua yang tersedia, maka akan menjadi daya tarik investor-investor asing untuk menanamkan modalnya di indonesia, serta didukung oleh penghapusan tarif BEA dan menghapus pembatasan investasi asing.

MEA juga memaksa rakyat Indonesia untuk berhadapan langsung dan bersaing dengan rakyat dari negara-negara lain, hal itu akan semakin berbahaya untuk tenaga kerja Indonesia. Melihat tenaga kerja Indonesia yang sangat minim lulusan SMP – SMA dan kemampuan buruh yang kurang lalu ditambah dengan sistem kerja kontrak dan outsourcing. MAka akan banyak buruh Indonesia yang akan digantikan oleh buruh-buruh dari negara lain sehingga akan marak terjadinya PHK massal dan bertambahnya pengangguran. Dari hal ini semakin jelas bahwa negara tidak lagi memikirkan nasib buruh yang sampai saat ini masih mengalami diskriminasi sampai kekerasan dan dibayar murah.Bukan hanya pada persoalan ketenagakerjaan saja yang akan menjadi dampak di jalankanya program MEA. akan tetapi dari sektor kesehatan, pendidikan, jasa, pertanahan, semua menjadi sasaran liberalisasi. Semua hanya mengutamakan keuntungan, bukan lagi membicarakan untuk kepentingan rakyat. Apa yang di gembar gemborkan oleh rezim jokowi-jk pada saat pemilu sampai menjadi presiden dan wakil presiden tentang kesehatan gratis, pendidikan gratis, upah layak dll adalah omong kosong belaka. Janji jokowi-jk hanyalah ilusi untuk rakyat dan regulasi-regulasi yang dijalankan semata mata untuk kepentingan kaum modal (KAPITALISME).

Bukti yang jelas belum lama ini adalah penghapusan subsidi yang dilakukan oleh jokowi dengan menaikan harga bbm, migas, TDL sehingga mendorong kenaikan harga kebutuhan hidup rakyat dan semakin menambah tidak terjaminnya rakyat dalam keberlangsungan hidupnya. Bahwa fungsi pemerintah yang seharusnya mensejahterakan rakyatnya, dengan segala kebijakan-kebijakan dan regulasi yang sudah dijelaskan diatas sangat terang kita lihat bahwa negara telah melepaskan tanggung jawabnya dan negara telah gagal dalam mensejahterakan rakyatnya.

Atas dasar situasi yang dijelaskan di atas, KPOP (Kesatuan Perjuangan Organisasi Pemuda) menyatakan Sikap dan menuntut:
1. Batalkan agenda MEA
2. Tolak penghapusan subsidi
3. Tolak alih fungsi lahan
4. Laksanakan upah layak nasional
5. Hapus sistem kerja kontrak dan outsourcing
6. Buat undang-undang perlindungan buruh
7. Berikan pendidikan dan kesehatan gratis untuk seluruh rakyat
8. Bangun industrialisasi nasional
9. Nasionalisasi aset-aset vital negara.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s