Pemogokan Umum Sebagai Metode Perjuangan Bersama

308032_2455228077282_842926913_nPemogokan bukanlah tujuan, tetapi sebuah metode yang ampuh untuk menuntut hak ekonomi dan politik. Pemogokan merupakan produk dari sejarah yang ditempa dengan kesadaran tinggi. Kita sadari bahwa manusia adalah pecipta sejarah, akan tetapi ia tidak bisa menciptakan sejarah dengan semaunya sendiri, berdasarkan situasi yang dipilih sendiri akan tetapi berdasarkan situasi yang langsung dihadapi, ditentukan dan ditransformasikan dari masa lalu. Artinya pemogokan tidak boleh dibuat secara paksa dan sepihak, serampangan berdasarkan keinginan-keinginan pimpinan serikat buruh atau organisasi lainnya.

Maka dari pada itu, pemogokan haruslah bersandar pada kondisi-kondisi sosial yang menentukan –yang ditopang oleh kesadaran masyarakat dan didukung perencanaan-perencanaan yang matang secara bersama-sama.
Kenyataan hari ini, mudah sekali kita mengucapkan kata “mogok” untuk menuntut apapun. Bahkan di pagi hari mogok disana, mogok disini, mogok disitu hanya lewat (intruksi) telpon, sms dan Facebook! Dan disore harinya mogok dibatalkan. Ini menunjukan kesalahan dalam berfikir dan bertindak.

Dan tugas kita bersamalah untuk menerangkan soal pemogokan, sehingga kesadaran dikalangan kaum buruh dan masyarakat menjadi kuat dan berisi, perencanaan-perencanaan pun semakin terang dan pemogokan secara kolektif pun menghasilkan kemenangan. Dan sejitu-jitunya metode pemogokan adalah pemogokan umum! yaitu keterlibatan kolektif dari seluruh masyarakat tertindas, baik buruh, tani, kaum miskin, serta pelajar-mahasiswa.

Pemogokan sebagai proses sejarah, maka perlu kiranya untuk latihan secara mental dan kesadarannya melalui aksi2 terencana oleh masing2 organisasi. Bayangkan, bila ada anggota organisasi bahkan bisa dibilang mayoritas tidak pernah dilatih dengan aksi-aksi massa dan tidak diberikan pengetahuan soal arti penting mogok. Dipastikan mereka adalah kumpulan pelengkap riuhnya pemogokan tanpa perspektif maju. Dan pengalaman dari latihan ini akan memberi dan mewarnai sebuah pemogokan berkualitas dimasa depannya.

Azmir Zahara

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s