Serikat Mahasiswa Indonesia: Kepung DPR RI, Tolak Pemilu Borjuasi 2014

Arahjuang – Mahasiswa Indonesia akan melakukan mobilisasi besar-besaran dan mengepung gedung DPR RI untuk menolak pemilu 2014. Skandal kasus Korupsi Century, Hambalang, pengadaan Al-Qur’an hingga korupsi impor daging sapi dan kasus korupsi lainnya yang dilakukan oleh elit-elit semua partai politik membuat kalangan mahasiswa tidak percaya lagi terhadap partai politik serta mekanisme dan hasil pemilu 2014 nanti, karena tidak akan membawa kesejahteraan bagi mayoritas rakyat Indonesia. Demikian disampaikan Azmir Zahra, Ketua Umum Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI), selasa (19/3).

“Tanggal 26 maret nanti, kami mahasiswa se-Indonesia akan berbondong-bondong ke Jakarta untuk melakukan aksi besar-besaran menolak pemilu 2014, karena tidak akan membawa kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Justru yang menikmati adalah segelintir orang yang berkuasa dan kerabatnya serta para pengusaha saja. Sementara mayoritas rakyat Indonesia tetap tidak beranjak dari kemiskinan, justru kemiskinannya semakin mendalam”, ucapnya.

Azmir menambahkan bahwa sumber penderitaan rakyat Indonesia bersumber pada sistem ekonomi politik Kapitalisme, sistem ini memberi ruang besar bagi kaum pemodal untuk terus menerus memperkaya diri dengan mencuri hasil kerja orang lain, kepentingan itu berkolaborasi secara apik dengan pragmatisme elit politik yang hanya tertuju ke-tampuk kekuasaan ataupun parlemen sebagai simbol demokrasi borjuasi. Partai politik dalam Kapitalisme telah menyatu dengan korporasi-korporasi untuk memperlancar arus modal dan memperbesar penghisapan terhadap rakyat Indonesia. Rakyat Indonesia harus membangun alat politik sendiri yang anti kapitalisme dan anti elit politik borjuasi, tidak hanya golput diam semata.

“Diam bukanlah ekspresi politik kita dalam menolak pemilu borjuasi 2014. Karena dengan berdiam diri, kita sama juga membiarkan adanya penghisapan. Perjuangan kita bukan hanya perjuangan tolak semata. Akan tetapi, perjuangan kita bergerak lebih maju, yakni aktif membangun kekuatan dan alat politik rakyat sendiri yang anti kapitalisme dan elit borjuasi. Perjuangan kita adalah perjuangan pembebasan nasional dari cengkraman kapitalisme, dan itu hanya dapat diwujudkan dengan persatuan gerakan rakyat dibawah panji-panji alat politik rakyat sendiri”, katanya.

Sejauh ini Serikat Mahasiswa Indonesia sudah melakukan demonstrasi di berbagai kota-kota besar se-Indonesia sebagai prakondisi agenda kepung DPR RI tolak Pemilu 2014, diantaranya; Medan, Jakarta, Makasar, Pekalongan, Surabaya, Yogyakarta dan Mataram.(ac)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s