Pernyataan Sikap PPI Jakarta Menyambut Perlawanan Bersama Kaum Buruh Bekasi

Jakarta, 28 Februari 2013

Pernyataan Sikap

Persatuan Perjuangan Indonesia Wilayah Jakarta

Menyambut Perlawanan Bersama  Kaum Buruh Bekasi

Salam Pembebasan Nasional!!

Salam Persatuan Perjuangan!!

1 Maret adalah satu hari yang spesial dalam catatan sejarah persatuan perjuangan rakyat Indonesia, karena tahun 1949 di Jogyakarta dengan semangat persatuan perjuangan rakyat yang berkobar-kobar telah memporakporandakan kekuatan Belanda  disana. Dengan semangat dan keinginan untuk merdeka, persatuan perjuangan rakyat telah memukul telak jantung si penindas waktu itu.Dan tepat hari ini, 1 Maret 2013 dengan semangat persatuan perjuangan yang sama mengalir pada persatuan perjuangan kaum buruh di Bekasi dan akan menorehkan kembali pada catatan sejarah perjuangan kelas di Indonesia. Dan akan mempengaruhi pengkualitasan perjuangan gerakan rakyat ke depan.

Sepanjang tahun 2012 perjuangan  kaum buruh telah membuktikan begitu hebatnya semangat persatuan perjuangan itu. Perlawanan grebek pabrik hingga pada pemogokan bersama telah membuahkan kemenangan-kemenangan yang dirasakan oleh kaum buruh. Dan yang terlebih penting daripada itu perlawanan-perlawanan itu telah membangun suatu budaya baru dalam perjuangan kelas di Indonesia. Budaya baru itu adalah terjalinnya solidaritas lintas organisasi buruh yang merupakan simpul pengikat dalam menjalin persatuan perjuangan kelas yang lebih erat. Dan budaya baru itu akhirnya menjadi ciri perlawanan untuk gerakan buruh Indonesia di wilayah lain seperti di Batam, Jakarta, Tangerang, Jawa Timur, dan wilayah lainnya.

Meningkatnya eskalasi perlawanan kaum buruh telah membuat gerah kaum modal dan hal itu di sikapi cepat dan reaktif oleh pemerintah yang notabene adalah kepanjangan tangan kaum modal itu sendiri dengan usaha-usaha meredam perlawanan kaum buruh. Di Bekasi mereka mencanangkan “Harmonisasi Industri” yang melibatkan pemerintah kabupaten Bekasi, pengusaha dan buruh. Sebagai upaya meredam aksi perlawanan buruh mereka juga berharap tercipta kondisi kondusif di wilayah industri di bekasi demi kelancaran investasi arus modal. Dan seperti yang sudah diperkirakan bahwa Harmonisasi Industri itu pada akhirnya dihianati sendiri oleh pemerintah dan pengusaha. Mereka mengerahkan preman-preman dengan mengatas namakan warga bekasi untuk menintimidasi kaum buruh dengan tindakan2x kekerasan yang bersifat personal maupun kekerasan terhadap organisasi buruh .Bahkan bersama tentara dan polisi mereka mefasilitasi peng-legalan preman dengan terbentuknya LSM-Masyarakat Peduli Investor (MPI) yang memiliki motto organisasinya “Sahabat Investor, Musuh Buruh”. Disamping itu pemerintah kabupaten Bekasi dan aparat keamanan menutup mata aksi balas dendam pengusaha dengan membiarkan upaya pemberangusan2x serikat, PHK2x sepihak yang dilakukan pengusaha, dan juga pengkriminalisasian pimpinan2x gerakan buruh.

Penghianatan yang mereka lakukan makin memperjelas watak sejatinya mereka itu yang  menggunakan segala cara untuk terus akan melakukan penindasan manusia atas manusia. Dan disamping itu mereka sejatinya memang anti gerakan buruh dan anti gerakan rakyat. Penghianatan itu seperti menegaskan kembali pemahaman bahwa sejarah seluruh umat manusia adalah sejarah perjuangan kelas dan kontradiksinya tidak terdamaikan. Penghianatan pemerintah dan pengusaha itu menyadarkan kembali kaum buruh untuk kembali berprinsip bahwa begitu pentingnya menjalin persatuan antar gerakan buruh. Dan kembali kepada sifat perjuangannya yaitu perjuangan kelas.

Oleh karenanya Persatuan Perjuangan Indonesia wilayah Jakarta bersikap:

  1. Mendukung sepenuhnya penyatuan kembali perlawanan kaum buruh di Bekasi dan perlawanan bersama kaum buruh ke Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi
  2. Mengecam upaya-upaya yang selama ini dilakukan pemerintah daerah dan aparat (polisi/tentara) untuk mengintimidasi gerakan buruh
  3. Mengecam kriminalisasi terhadap pimpinan gerakan buruh yang dilakukan oleh aparat. Dan mendesak segera mencabutan status hukum tersebut.
  4. Mengecam pembiaran oleh pemerintah daerah Kabupaten Bekasi dan aparat terhadap aksi premanisme terhadap kaum buruh Dan mendesak pembubaran organisasi preman tersebut.
  5. Mendesak kepada aparat penegak hukum agar segera mengadili mereka2x yang terlibat dalam aksi-aksi kekerasan yang dialami kaum buruh yang dilakukan oleh preman-preman. Dan juga menyeret pimpinan-pimpinan ormas preman , pengusaha, dan  juga aparat yang terlibat dalam pembentukannya ormas preman ke pengadilan . Buktikan bahwa keadilan hukum itu masih ada!!!
  6. Mendesak pemerintah  daerah dan aparat agar segera mengadili pengusaha-pengusaha nakal yang secara terang-terangan telah melakukan pemberangusan serikat buruh, melakukan PHK sepihak dan yang tidak memberikan hak-haknya kaum buruh seperti yang terkandung dalam Undang-Undang.
  7. Menyerukan kepada Disnaker untuk berhenti beretorika dan berhenti melakukan perselingkuhan jahat dengan pengusaha. Lakukan pengawasan dengan benar, buka mata dan melakukan tindakan terhadap pelanggaran-pelanggaran yang di lakukan pengusaha terhadap kaum buruh.
  8. Mengajak kepada seluruh kaum buruh Indonesia untuk tetap meningkatkan persatuan perjuangannya dan terus meningkatkan perlawanannya.
  9. Mengajak kepada seluruh gerakan rakyat agar juga terus dengan semangat yang penuh untuk membangun dan mempererat persatuan gerakan rakyat yang lebih luas. Karena itulah modal utama untuk menjungkirbalikkan keangkuhan kaum modal yang selama ini menindas.

Bangkitlah Kaum Yang Tertindas, Bangkitlah Kaum Yang Lapar!!

Hidup Persatuan Perjuangan Rakyat!!

Sosialisme adalah jalan pembebasan menuju Merdeka 100% !!!

Sekretaris Kota PPI Wilayah Jakarta

Arie Widodo

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s