Kronologis penyerangan orang tak dikenal terhadap petani Padang Lawas yang sedang melakukan aksi mogok makan dan jahit mulut di depan DPR Sumatra Utara

Jam 23.30
Datang seorang pemuda berpakaian hijau dan postur badan tinggi tegap berkendara sepeda motor Honda Revo berhenti di gerbang tengah DPRD Sumut. Pemuda ini berdiri agak lama sambil lihat kea rah tenda-tenda peserta aksi mogok makan dan Jahit Mulut. Ketika ditanya oleh salah seorang mahasiswa, dia tidak menjawab dan diam saja. Tetapi sebelum meninggalkan lokasi, pemuda ini sempat berbicara empat mata dengan salah seorang satpam di gerbang tengah.

Jam 23.58.
Datang dua orang mengendarai sepeda motor Honda
Supra dan berhenti didepan gerbang DPRD tengah. Dengan tergesa-gesa memberi tahu kepada tiga orang mahasiswa.
Kedatangannya memberitahu “ nanti jam satu atau jam dua bakal ada yang datang. Tiga mobil yang akan membongkar tenda-tenda petani padang Lawas. Mereka sudah berkumpul di daerah Mandala, dan akan segera kesini.” Salah seorang mahasiswa menanyakan: “ siapa mereka itu?”.
Dijawab oleh mereka: “ suruhan perusahaanlah.” Salah seorang mahasiswa kembali bertanya: “abang siapa rupanya?”. Dijawab oleh mereka: “aku orang dari Padang Lawas
juga, makanya aku kasih tahu kalian…. Tapi jangan bilang-bilang aku yang kasih tahu.” Selanjutnya mereka meninggal kan lokasi area mogok makan.

Kapolsek Ditelpon oleh Ronald, tetapi tidak diangkat. Kasat Intel Polres Kota Medan ditelpon, tetapi HP langsung dimatikan.

Jam 00.40
Berangsur-angsur wartawan datang karena ada informasi akan ada pembubaran aksi mogok makan dan jahit mulut oleh OTK.

Jam 01.30
Karena tidak ada tanda-tanda dari isu yang didapat, wartawan berangsur-angsur meninggalkan lokasi
DPRD Sumut.

02.00
Karena tidak ada tanda-tanda akan terjadi sesuatu yg diisukan, para petani padang lawas mulai merebahkan badan untuk beristirahat di jalan maupun didalam tenda-tenda yang ada.

Jam 02.28
saat sebagian petani dan mahasiswa dalam posisi tertidur, tiba-tiba datang dua mobil Advanza warna hitam (Plat BK dan belakang KA tetapi tidak diketahui nomor serinya) dan
mobil Advanza Silver (Plat Nomor BB 645 …B) berhenti di depan Gerbang Lapangan Benteng dan berjalan menuju tenda mogok makan paling kanan. Mereka berteriak “ngapain Kalian disini!!!! Mana Ketua Kalian??!!!” sambil melakukan pengrusakan
tenda.” (cirri-cirinya tinggi besar tegap berpakaian jaket kulit celana Lee membawa senjata tajam) sambil mengancam “jangan ada yang bergerak, kalian bergerak kami tembak!!!”

sementara
sebagian lainnya menyebar dan mengelilingi para petani yang tidur di jalanan.
Mereka lebih kurang belasan orang.
Sebagian lainnya mencopoti sepanduk dan atribut dekat gerbang DPRD sebelah kanan yang bertuliskan:
1. “STOP Penyerobotan Tanah Rakyat yang dilakukan oleh PT SRL dan PT. SSL”
2.” Copot Kapolsek Barumun Tengah”
3. “Mogok Makan Petani Padang Lawas Menolak Penyerobotan Tanah Oleh PT. SRL dan PT. SSL”
Salah seorang dari mereka yang berpostur tinggi, potongan rambut cepak berpakaian kemeja kecoklatan bergaris dari atas kebawah
“jangan melangkah…!!! Kalian melangkah aku tembak!!! Kalian jangan bawa-bawa nama palas. Kalian harus bersihkan ini semua tenda-tenda besok. Karena besok ada acara. Saya malu sama panglima”.
Dan beberapa orang darI peserta aksi menghubungi wartawan, maka mereka mulai meninggalkan lokasi sambil terus mengancam akan menembak dan beberapa orang mengacung-acungkan parang. Bahkan petani dan mahasiswa untuk mendekati mobil mereka tidak bisa karena terus diancam. Mereka pergi dan membawa sepanduk dan atribut yang mereka copot dari lokasi mogok makan.

Jam 02.36
Beberapa wartawan datang.

Jam 02 40
Lewat mobil patrol Polisi dan distop oleh petani dan mahasiswa menghentikan, tetapi tidak digubris oleh polisi dan terus menjalankan mobilnya melintasi depan DPRD Sumut.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s