Kronologis Penyerobotan Tanah Oleh PT.SRL Di Desa Hadundung Pintu Padang, Kec. Aek Nabara Barumun, Kab. Padang Lawas, Sumatera Utara. Tanggal 28 April 2012 yang berakhir Bentrok.

Kamis, 26 April 2012

Jam.10.00 Wib.

Pekerja dari PT. SRL merusak tanaman danrumah masyarakat (Rumah Manurung dan Rumah Br Nainggolan) serta mengambil barang-barang didalam rumah termasuk ternak. Kejadian ini terjadi di Desa Hadundung Pintu Padang. Kebetulan masyarakat tidak ada dirumah.

Jumat, 27 April 2012

Jam 10.00 Wib

Kembali PT. SRL masuk ke Desa Hadundung Pintu Padang. Pekerja yang dikerahkan oleh PT. SRL lebih kurang 300 orang, sementara Security PT. SRL yang berpakaian lengkap dengan helem, tameng, pentungan dan senjata mengawal para kerja untuk menggarap tanah yang diusahai masyarakat.

Saat kejadian ini masyarakat tidak bisa berbuat apa-apa. Bahkan security PT. SRL dengan arogannya menyuruh masyarakat maju untuk melawan mereka jika berani. Pengrusakan tanaman masyarakat ini dilakukan hingga jam 16.00 Wib.

Sabtu, 28 April 2012.

 Jam 07.30

Masyarakat sudah berada di perbatasan antara lahan masyarakat untuk mengantisipasi pengrusakan rumah dan pembuldoseran yang dilakukan pihak PT. SRL. karena sudah berhari-hari membuldoser dan perusakan rumah-rumah masyarakat oleh TP. SRL.

08.00 wib.

Datang Mobil Estrada milik PT. SRL yang bernumpang lebih kurang 6 orang serta 1 sepeda motor ke lahan masyarakat. Mobil Estrada dengan memancing-mancing mau masuk ke lahan mengegas-ngegas kendaraan dengan kencang. Masyarakat tetap meminta kepada Pihak PT. SRL agar tidak melakukan pengrusakan tanaman dan rumah-rumah masyarakat. Tetapi pihak PT. SRL tidak menghiraukannya. Tiba-tiba masuk sepeda motor yang dinaikin oleh orang yang dua hari sebelumnya dikenali ikut melakukan pengrusakan rumah br. Nainggolan dan rumah Manurung masuk kelahan masyarakat. Hingga oleh masyarakat 1 orang diamankan. Karena dikuatirkan akan melakukan pengrusakan seperti beberapa hari sebelumnya

Jam 08.15 Wib.

Tidak lama kemudian datang 2 truk Colt Diesel yang mengangkut para pekerja PT. SRL dan beberapa mobil security PT SRL. Security yang berjumlah kurang lebih 50 orang langsung membuat barisan di barisan depan dan para pekerja dibelakang barisan security.

Setelah barisan security dan para pekerja PT. SRL tersusun, mereka mendesak masuk kelahan masyarakat dan masyarakat tetap terus bertahan. Karena pihak PT. SRL terus berupaya masuk kelahan masyarakat, sehingga bentrok tak bisa dielakan. Ketika bentrok terjadi, tiba-tiba terdengar suara tembakan 3 kali ke udara (yang diindikasikan tembakan itu dikeluarkan oleh aparat kepolisian yang berpakaian preman) dan masrakat bubar.

Jam 16.00 Wib

Masyarakat kurang lebih 100 orang mendatangi kantor Polsek Binanga untuk meminta perlindungan serta menyerahkan orang yang diamankan oleh warga (bernama Wahab Siregar). Permintaan masyarakat agar kepolisian memberikan perlindungan dengan menerjunkan anggota kepolisian di perkampungan masyarat, tetapi Kapolsek menyatakan tidak bisa mengirimkan anggotanya ke lokasi masyarakat dengan alasan Polsek Binanga masih kekurangan anggota.

Catatan: dari kejadian tanggal 28 April 2012, dua oprang dipanggil oleh Polres tapanuli Selatan diminta untuk menjadi saksi atas tindakan Pidana  secara Bersama-sama melakukan tindak kekerasasan terhadap orang dan orang “dengan cara memukul dan membakar yang terjadi pada hari sabtu tanggal 28 april 2012 pukul 09.30 Wib di lokasi Compartemen B059 PT. SRL Kec. Aek Nabara Barumun Padang Lawas. Sebagaimana dimaksud dalam pasal 170 Jo 406 Jo 187KUHPidana.

Dengan surat Panggilan No: S.Pgl/528/V/2012/RESKRIM.

Yang ditujukan kepada: Syamsianturi

Dengan surat Panggilan No: S.Pgl/529/V/2012/RESKRIM.

Yang ditujukan kepada: B.R. Tambunan Hutasoit

 

Atas STPL No: LP/117/IV/SU/TAPSEL. Tanggal 28 april 2012

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s