Pernyataan Sikap Pimpinan Pusat FPBJ terhadap Aksi Buruh Kaisar Motor

Pimpinan Pusat

Federasi Perjuangan Buruh Jabodetabek (FPBJ)

Disnaker Kab.Bekasi No.Pencatatan : 705/CTT.250/I/2008

Jl. Raya Fatahilah, Rt. 002/04 No. 24 Kampung Pengkolan, Desa Kalijaya

Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

PERNYATAAN SIKAP

PIMPINAN PUSAT FEDERASI PERJUANGAN BURUH JABODETABEK

Atas aksi mogok kerja yang dilakukan PTP-FPBJ PT. Kaisar Motorindo Industri

Sehubungan dengan aksi mogok kerja yang sedang dilakukan rekan-rekan seperjuangan kami yaitu PTP-FPBJ PT. Kaisar Motorindo Industri yang menuntut tunjangan makan, tunjangan transport, Berikan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Pekerja dan Keluarganya, serta tunjangan masa kerja yang layak bagi setiap buruh/pekerja dimana itu semua merupakan hak dasar/normative yang harus diberikan pihak perusahaan kepada buruhnya sesuai dengan Undang – Undang No. 13 tahun tentang Ketenagakerjaan, Undang – undang No. 3 tahun 1992, dan sampai saat ini tidak diberikan oleh pihak manajement,

Dan menuntut dipekerjakannya kembali 11 pekerja kontrak yang merupakan anggota dari Serikat pekerja yang tergabung dalam Federasi Perjuangan Buruh Jabodetabek dan mengangkatnya menjadi pekerja tetap dan mempekerjakan kembali 1 (satu ) pekerja yang juga anggota dari federasi Perjuangan Buruh Jabodetabek.

Maka, kami dari Pimpinan Pusat Federasi Perjuangan Buruh Jabodetabek dengan ini mengecam dan menuntut

  1. Segera mempekerjakan kembali dan mengangkat 11 ( Sebelas ) pekerja konrak menjadi pekerja tetap.
  2. Segera Mempekerjakan kembali 1 ( satu ) pekerja yang merupakan Pengurus Serikat Pekerja Tingkat Perusahaan di PT. Kaisar Motorindo Industri
  3. Mengecam Tindakan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan oleh Pimpinan Perusahaan/Managemen PT. Kaisar Motorindo Industri karena tidak berdasar dan bertentangan dengan Program Pemerintah yang sedang mengurangi Pengangguran
  4. Segera berikan hak – hak Normative dan 2 tahun Upah Lembur yang belum dibayar oleh Pihak Perusahaan.
  5. Segera Laksanakan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Buat Pekerja dan Keluarganya sesuai dengan Undang – Undang No. 3 tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga kerja
  6. mendukung penuh segala bentuk perjuangan yang dilakukan rekan-rekan kami dari PTP-FPBJ PT. Kaisar Motorindo Industri dalam menuntut setiap hak-haknya.
  7. Akan terlibat langsung dalam perjuangan rekan-rekan kami dengan melakukan aksi-aksi bersama-sama serta menghimpun semua kekuatan buruh progresif lainnya.
  8. Akan melakukan kampanye secara terbuka dan meluas terhadap kondisi apa yang sedang terjadi saat ini yang dialami oleh rekan-rekan kami.
  9. mengecam keras segala tindakan intimidasi yang telah dan akan dilakukan pihak perusahaan terhadap rekan-rekan kami anggota PTP -FPBJ PT. Kaisar Motorindo Industri yang jelas-jelas merupakan tindakan anti serikat.

10.  Segera kepada Pihak Dinas Sosial Tenaga kerja dan Transmigrasi serta Pengawasan Ketenagakerjaan Kabupaten Bogor untuk segera  bertindak dan menyelesaikan permasalahan yang di hadapi Anggota kami PTP. Federasi Perjuangan Buruh Jabodetabek PT. Kaisar Motorindo Industri agar Keadilan ditegakan di bumi Indonesia.

Demikian pernyataan sikap ini kami buat dengan ketekadan yang bulat dan hati yang teguh dalam memperjuangkan setiap hak-hak kaum buruh.

Hormat kami,

Kabupaten Bekasi, 17 Juni 2009

Helmi yadi Ganto Almansyah,SH

Ketua Umum                                               Sekretaris Jenderal

Tembusan : 1. Aliansi Buruh Menggugat (ABM) Nasional

2. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM)

3. Lembaga Bantuan Hukum Jakarta

4. Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI

5. ILO Jakarta

6. Arsip

One thought on “Pernyataan Sikap Pimpinan Pusat FPBJ terhadap Aksi Buruh Kaisar Motor

  1. Sampai sekarang di perusahaan itu saya dengar tidak ada serikat buruhnya. Selain itu menurut karyawan yang bekerja disana memang dilarang membentuk serikat buruh.

    Waktu demo kenaikan gaji 2012 kemarin,jalanan menuju ke sana diblokir, jadinya para buruh perusahaan lain tidak bisa mengajak buruh di sana memperjuangkan haknya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s