Dukungan ABM Lampung untuk Aksi Mogok SPSI – PUK PT.Kirin Miwon

Nomor          : 04/B/ABM-LPG/V/09

Perihal         : Dukungan Terhadap Aksi Mogok

SPSI – PUK PT.Kirin Miwon

Pernyataan Sikap

Perhebatlah Aksi Mogok Buruh PT.Kirin Miwon Lampung!!!

Aliansi Buruh Menggugat adalah organisi massa perburuhan ditingkat nasional yang fokus terhadap masalah-masalah perburuhan baik terhadap social ekonomi maupun politik perburuhan.

Dampak krisis global hari ini, semakin nyata terlihat pada kondisi perburuhan di Lampung. Kasus-kasus yang menimpa Kawan-kawan di Nestle, Panji Saburai Putra, Konverta dan terakhir adalah kawan-kawan yang bekerja di PR.Kirin Miwon LAmpung, membuktikan, semakin rakusnya watak yang dimiliki oleh kaum pemodal di Indonesia.

Hubungan Indutrial harmonis yang selalu di kampanyekan oleh pemodal (pengusaha) hanyalah jargon semata. Tercatat dari data yang dimiliki oleh ABM secara nasional, telah terjadi Pemutusan Hubungan Kerja secara sepihak yang dilakukan oleh pemodal sudah mencapai 500.000 orang. Naifnya, melalui Depnakertrans, Pemerintah hanya mengumumkan data buruh yang ter-PHK sebesar 42.598 orang.

Jelas, ada niat tidak baik dari Pemerintah dan Pengusaha dalam pola pembangunan hubungan industrial dibawah rezim kapitalisme global ini. Ketertundukan para penguasa negeri ini atas kaum modal internasional yaitu dengan penyelamatan industri dan pasar dengan mengucurkan paket stimulus perbaikan infrastruktur untuk mendorong investasi yang lebih besar.

Konsekwensi logis dari semua itu adalah, terjadinya efisiensi alias PHK, upah murah dan tidak adanya posisi tawar yang kuat dari Serikat Buruh di mata pemodal. Hal ini sangat mungkin terjadi atas kasus yang menimpa kawan-kawan di PT. Kirin Miwon Lampung. Untuk itu, kami dari Aliansi Buruh Menggugat Wilayah Lampung mendukung sebesar-besarnya atas sikap yang diambil oleh kawan-kawan SPSI-PUK PT.Kirin Miwon Lampung dalam melakukan Aksi Mogok pada tanggal 2 – 3 Juni 2009 di depan pabrik sebagai akibat gagalnya perundingan perjanjian kerja bersama tentang persoalan upah. Dengan demikian, kami pun akan selalu bersama-sama dengan kawan-kawan yang bekerja di PT.Kirin Miwon dalam melakukan:

  1. Advokasi secara litigasi maupun non-litigasi
  2. Mengkampanyekan kasus PT.Kirin Miwon Vs Buruh secara nasional dengan melibatkan jaringan nasional Aliansi Buruh Menggugat.
  1. Menggalang kekuatan bersama sektor-sektor organisasi lainnya seperti; organisasi perempuan, pedagang kaki lima, mahasiswa dan lainnya dalam penyikapan kasus ini.
  2. Menuntut pihak manajemen untuk segera merealisasikan apa yang menjadi tuntutan kawan-kawan SPSI-PUK PT.Kirin Miwon.

Bahwa hanya dengan Kekuasaan klas buruhlah Kesejahteraan rakyat itu bisa tercapai, bukan mengadahkan tangan kepada pengusaha dan elit-elit politik yang sudah sejak lama menghina dan merendahkan harkat martabat kaum buruh.

Hidup Buruh… Hidup Buruh …. Hidup Buruh !!!!

Bandar Lampung, 22 Mei 2009

Aliansi Buruh Menggugat – Lampung

Deni Kurniawan

(Koordinator)

One thought on “Dukungan ABM Lampung untuk Aksi Mogok SPSI – PUK PT.Kirin Miwon

  1. kenapa persatuan spsi tidak sampai ke kabupaten lampung selatan,sedangkan di kabupaten ini sudah banyak pabrik yg para pekerja nya pun merasa tidak sejahtera contoh PT ( SAN XIONG STEEL INDONESIA ). yg dimana terdiri dari dua menejemen, yang dimana karyawan dituntut exstra dalam berkerja tapi penghasilan tidak sesuai,,terimakasih

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s