Liberalisasi Migas Terus Berjalan Walaupun situasi Krisis

Salam Pembebasan Nasional!!

Kawan-kawan,

Meskipun Harga BBM turun (walaupun ini dipengaruhi oleh turunnya Harga Minyak dunia), Ternyata di indonesia saat krisis seperti ini, Liberalisasi Masih Kencang Melaju.

Berikut ini ulasan kontan.online yg relevan

Exxon Ajukan Perpanjangan POD ke Pemerintah

JAKARTA . ExxonMobil Oil Indonesia mengajukan perpanjangan rencana pengembangan atau plan of development (POD) blok Natuna D Alpha yang akan berakhir besok.

Maman Budiman, Vice President Public Affair ExxonMobil bilang perusahaan minyak asal Amerika Serikat tersebut tetap mengajukan POD baru karena bersikukuh kontrak yang dipegangnya masih sah.

Menurut Maman, ExxonMobil telah mengajukan POD Natuna D Alpha kepada Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) dan Direktorat Jenderal Migas pada 30 Desember 2008 lalu.

“Exxon masih menunggu keputusan Pemerintah atas proposal rencana pengembangan itu. Karena selama belum ada keputusan, kontrak kami di Natuna belum berakhir,” kata Maman, Kamis (8/1).

Menurutnya, masih sah nya perpanjangan kontrak yang dipegang ExxonMobil di Natuna D Alpha pada 1995 karena kontrak tersebut mewajibkan perusahaan untuk mengajukan rencana pengembangan sebelum 9 Januari 2009. Dan hal tersebut sudah dipenuhi ExxonMobil.

“Saya tidak mau berandai-andai kalau pemerintah tidak mau memperpanjang kontrak. Kita lihat saja nanti,” kata Maman.

Sayangnya konfirmasi terbaru atas pengajuan perpanjangan POD tersebut belum bisa diperoleh dari Kepala BP Migas Raden Priyono atau Dirjen Migas Evita Herawati Legowo. Namun, sebelumnya Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro pernah menandaskan bahwa kontrak ExxonMobil di Natuna D Alpha sudah berakhir atas keputusan rapat Kabinet pada awal 2008.

Gentur Putro Jati

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s