Wahyu Daniel – detikFinance
Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengakui keterpurukan finansial AS hingga sejauh ini memang di luar prediksi. BI pun akan merapat ke pemerintah untuk melakukan berbagai penyesuaian.

Demikian disampaikan Gubernur BI Boediono dalam jumpa pers usai rapat koordinasi dengan menteri-menteri bidang ekonomi di Graha Sawala Gedung Depkeu, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta , Minggu (5/10/2008).

“Gonjang-ganjing ini di luar prediksi kita pada 1 hingga 2 bulan yang lalu sehingga kita harus melakukan penyesuaian, ” jelasnya.

Langkah penyesuaian yang diambil antara lain dengan berkoordinasi dengan pemerintah dalam rangka menyikapi situasi ekonomi global khususnya AS yang terjadi belakangan ini. Dengan demikian diharapkan dampak terhadap Indonesia bisa diminimalisir.

“BI ingin merapatkan diri dengan pemerintah untuk dapat menjaga rumah kita sendiri, apalagi dengan situasi gonjang-ganjing yang cukup luar biasa ini, sehingga tidak besar dampaknya,” tuturnya.

Meski begitu ia yakin imbas krisis sektor keuangan yang terjadi di AS sangat terbatas kepada sektor perbankan di Indonesia . Hal ini karena eksposure Indonesia   terhadap surat berharga sangat kecil.

“Memang pada 1998 kita alami badai yang luar biasa, tapi saat ini berbeda karena episentrumnya bukan di sini. Apalagi eksposure kita terhadap surat berharga yang sifatnya toxic asset itu sangat minimal pada perbankan,” katanya.

(dnl/lih)

Catatan : Pengakuan yang menunjukkan kebodohan para pengikut neoliberal! Kapitalisme selalu berisi mata uang antara kenaikan ekonominya dengan krisis. Selamat atau tidaknya  kapitalisme dari krisisnya kali ini banyak tergantung kepada kesiapan gerakan pendukung sosialisme di Indonesia dan Internasional untuk bersatu dan melawan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s