Buruh Biscuit PT Regal Marie yang di PHK Sepihak Mendirikan Posko Perlawanan di Depan Pabrik

Senin, 08 September 2008 22:58

Roti Marie Regal adalah sebuah produk roti yang sudah terkenal dimana-mana.Ketika kita memakan roti ini mungkin kita belum tahu bahwa roti ini dihasilkan dari tetesan keringat dan penderitaan kaum buruh perempuan yang gajinya minim dan juga hak-hak kerja mereka yang sangat tidak layak serta tidak manusiawi. Buruh-buruh di pabrik roti Marie Regal ini 90% adalah perempuan. Mereka sudah bekerja dan mengabdi rata-rata 20tahun. Tetapi sampai sekarang status kerja mereka tidak pernah jelas. Upah mereka sangat minim dan tidak boleh berserikat.

Dengan semena-mena, buruh pabrik roti marie regal ini sudah hampir 2 minggu di PHK sepihak oleh perusahaan. Tindakan perampasan hak hidup dan bekerja ini tentu saja mendapat perlawanan kaum buruh yang tergabung dalam Federasi Perjuangan Buruh Jabodetabek (FPBJ). Perlawanan ini dimulai dengan cara menanyakan langsung ke pabrik sampai aksi demonstrasi ternyata tidak mendapat tanggapan sama sekali. Tidak ada tindakan apapun yang dilakukan Disnakertrans Jakarta Utara. Fakta bahwa Disnakertran diseluruh Indonesia tidak pernah berpihak kepada buruh semakin jelas. Pelanggaran yang kasat mata dari perusahaan terhadap kaum buruh ternyata terus berulang-ulang dimana-mana dan Disnakertrans ternyata tidak berpihak kepada buruh

Tanpa putus asa dengan semangat juang yang tinggi Kaum buruh FPBJ Pabrik Roti Marie Regal ini sejak hari senin 8 September 2008 mendirikan posko di depan pabrik Jl Pluit Muara Karang blok C no 9-12 Penjaringan Utara Jakarta Utara. Seperti yang terjadi secara klasik terhadap perlawanan kaum buruh tindakan pemecah belahan persatuan perlawanan buruh FPBJ Pabrik Roti Marie ini sudah mulai dilakukan. Sudah banyak buruh pabrik roti marie regal ini didatangi, ditelpon satu persatu dengan memakai perantara saudara, suami atau tetangga agar buruh pabrik roti marie regal ini mencabut pengaduan ke pengadilan serta diiming-imingi PHK serta tidak usah memakai serikat buruh FPBJ yang selama ini melindungi mereka. Tetapi tindakan pecah belah ini sampai saat ini masih tidak mampu menggoyahkan persatuan buruh pabrik roti marie regal. Karena buruh pabrik roti marie regal yang sebagian besar perempuan ini tahu bahwa hak-hak mereka telah dilanggar tanpa rasa keadilan dan kemanusiaan dan jelas-jelas melanggar Undang-Undang. Posko Perlawanan ini akan terus dilaksanakan sampai tuntutan mereka terpenuhi dan hak-hak bekerja mereka dikembalikan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s