Mari Dukung Perjuangan Buruh CV Jaya Abadi !!

FPBJ

Federasi Perjuangan Buruh Jabotabek

Pimpinan Tingkat Perusahaan

CV Jaya Abadi

JL. Pluit Muara Karang, Blok C No 9-12, Penjaringan-Jakarta Utara

———————————————————————————————————————————————-

CV Jaya Abadi adalah perusahaan makanan yang memproduksi BISKUIT MARIE REGAL sejak tahun 1977. Sudah dapat dipastikan bahwa tidak ada yang tidak mengenal Biskuit MARIE REGAL, atau bahkan kawan-kawan dan keluarga juga konsumen dan penikmat    biskuit MARIE REGAL. Tidak ada yang meragukan kenikmatan dan kegurihan nya bahkan dibeberapa website yang melakukan pengujian makanan, biskuit ini selalu mendapatkan bintang 4 bahkan bintang 5. karena kenikmatan dan kegurihannya membuat biskuit MARIE REGAL tidak perlu mengeluarkan biaya untuk iklan, bahkan biskuit ini juga dikenal sebagai biskuit untuk kalangan menengah atas karena harga jualnya yang lebih mahal dibandingkan biskuit marie lainnya.

Semua rasa nikmat dan gurih tersebut adalah buah karya dari kami buruh di cv jaya abadi, selama puluhan tahun kami telah mengubah bahan baku telur, tepung, mentega dll nya menjadi biskuit yang renyah dan nikmat, sungguh sebuah karya yang mengagumkan dan membanggakan. Kawan-kawan, apakah nasib kami sama nikmatnya dengan hasil karya kami? Tidak!, Kawan-kawan, apakah kami tidak berhak merasakan kesejahteraan seperti yang dinikmati oleh pemilik perusahaan cv jaya abadi? Kami sangat tahu bahwa keluarga pemilik cv jaya abadi dapat menjadi orang terkaya didaerah Jakarta utara khususnya pluit dikarenakan tenaga dan kerja kami selama ini.

Selama sekita 30 tahun biskuit ini diproduksi dan menguasai pasar biskuit diIndonesia, yang kami dapatkan hanyalah upah yang besarnya tidak jauh dari nilai UMP DKI, saat ini buruh yang telah bekerja sejak awal pabrik ini berdiri dan saat ini telah berumur 57 tahun, upah yang didapatkan hanya Rp 50.000/hari, atau sekitar Rp 1.250.000 (satu juta dua ratus lima puluh ribu rupiah), ditambahkan uang makan Rp 7000/hari, fasilitas kesehatan hanya bagi kami buruh (keluarga tidak ditanggung oleh perusahaan), dan TIDAK ADA uang transport dan tunjangan lainnya. Apakah adil bila dibandingkan dengan kekayaan yang berlimpah ruah yang dinikmati oleh pemilik cv jaya abadi?

Pada awal agustus 2008 melalui Serikat buruh kami, Pimpinan Tingkat Perusahaan cv jaya abadi- Federasi Perjuangan Buruh Jabotabek, telah mengajukan perundingan dengan pihalk manajemen cv jaya abadi, dalam perundingan tersebut kami mengajukan adanya pembahasan ulang tentang system pengupahan di cv jaya abadi, kami mengajukan adanya system yang jelas dan adil dalam menentukan upah, tawaran kami adalah: Upah = UMSK + Tunjangan tetap + Tunjangan Tidak Tetap, tunjangan tetap adalah: tunjangan keluarga (anak, dam istri/suami), perumahan, masa kerja dan prestasi, sedang tunjangan tidak tetap adalah: tunjangan kehadiran, transport dan makan.

Dalam perundingan tersebut pihak manajemen tidak dapat memutuskan karena menunggu pemilik perusahaan, tetapi sehari setelah perundingan tersebut manajemen mengeluarkan berita tentang kenaikan upah yang disetujui adalah sebesar 5% tanpa mau membahas tentang system pengupahan yang ada. Berita tersebut juga tidak diberitahukan secara resmi kepada serikat buruh kami tetapi dihembuskan kepada pekerja, berita kenaikan upah 5% ini juga diikuti dengan berita akan dilakukannya PHK terhadap 50 orang pekerja. Sejak berita kenaikan 5% yang dihembuskan tersebut pihak manajemen tidak mau lagi diajak untuk berunding sampai kami mengajukan pemberitahuan mogok secara sah, dan pada tanggal 26 agustus 2008 terjadi perundingan yang juga dihadiri oleh petugas dari disnaker Jakarta utara, pada perundiang tersebut pihak manajemen hanya menegaskan tentang tawaran kenaikan upah 5% dan tambahan uang makan sebesar Rp 1000, dan kembali sama sekali tidak mau membicarakan tentang system pengupahannya.

Ketidak mauan pihak manajemen untuk membicarakan system pengupahan disebabkan oleh selama ini besarnya upah kerja dijadikan sebagai alat untuk memecah belah persatuan buruh di cv jaya abadi. Sering sekali buruh yang dianggap “baik” karena selalu menuruti kemauan pihak perusahaan diberikan tambahan upah, sedangkan buruh yang lain tidak ada padahal sama-sama bekerja pada bagian yang sama, pekerja laki-laki diberikan bonus uang rokok agar tidak bersatu dengan buurh perempuan, dan banyak lagi cara-cara adu domba yang dilakukan untuk melanggengkan system upah murah di cv jaya abadi.

Pada tanggal 27 agustus 2008, mogok kerjapun kami lakukan, mulai jam 08.00 wib, peserta mogok kerja saat ini sekitar 110 orang dan mayoritas nya adalah buruh perempuan, buruh laki-laki banyak yang masuk kerja karena adanya adu domba yang dilakukan oleh pihak manajemen dan adanya intimidasi phk bila mengikuti mogok kerja. Sekitar pukul 10.30 wib perwakilan buruh diajak berunding oleh pihak manajemen, perundingan tersebut juga dihadiri oleh petugas disnaker Jakarta utara dan kuasa hukum perusahaan (2 orang). Kembali dalam perundingan ini perushaan hanya mengulangi tawarannya tentang kenaikan 5% dengan alasan hanya itu kesanggupan pihak perusahaan, sungguh bagi kami ini sebuah kebohongan! Karena selama ini kami selalu bekerja memproduksi biskuit MARIE REGAL, bahkan hampir tiap sabtu kami lembur untuk berproduksi agar kebutuhan para konsumen MARIE REGAL dapat terpenuhi. Apakah mungkin cv jaya abadi mau berproduksi bila selama ini tidak untung?

Saat ini sebagian produksi masih berjalan karena sejak tanggal 18 agustus 2008 pihak manajemen telah memasukkan buruh dari yayasan (buruh outsourcing), kami juga telah melaporkan pelanggran penggunaan buruh outsourcing disektor inti perusahaan kepada pengawasan disnaker Jakarta utara, tetapi hingga saat ini belum ada penindakan dari pihak pengawas.

Dengan ini kami minta dukungan solidaritas dari kawan-kawan seperjuangan untuk mengirimkan fax desakan kepada pihak manajemen cv jaya abadi, dengan No 021-6692970. Kami sangat berharap dalam surat desakan tersebut kawan-kawan semua juga memberikan ancaman boikot beli sebagai konsumen Marie Regal.

Tuntutan kami adalah:

  1. Buat system pengupahan yang adil dan jelas di cv jaya abadi
  2. Tolak penggunaan system kerja outsourcing dan angkat buruh outsourcing (yayasan) yang telah bekerja lebih dari 3 bulan di cv jaya abadi
  3. Hentikan intimidasi kepada buruh yang sedang mogok dan yang akan mogok.
  4. Awasin Petugas pengawasan Disnaker Jakarta Utara

Demikianlah surat ini kami buat buat, semoga persatuan perjuanagan kaum buruh bisa semakin kita tingkat agar ketidak adilan kaum modal dapat kita musnahkan! Persatuan Perjuanga Buruh Untuk Kekuasaan Kelas Buruh!

Jakarta, 27 Agustus 2008

(Riyanti)

Ketua FPBJ PTP CV Jaya Abadi

Keterangan lebih lanjut hubungi:

Ade Hetty ( 0813 8029 7827), John Silaban (0813 8747 5498)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s