Siaran Pers KPP-SMI

KOMITE PIMPINAN PUSAT

SERIKAT MAHASISWA INDONESIA

JL. Jagakarsa Gg. Hidayah II, No 05 Lenteng Agung Jakarta Selatan

Email; serikat_mahasiswa@ yahoo.co. id

www.kppsmi.wordpress.com

Telp: 021-99681543 dan 081331643545

SIARAN PERS NASIONAL

MENGECAM TINDAKAN POLSEK GAMBIR YANG MEMBUBARKAN PAKSA AKSI DAMAI

DI DEPAN ISTANA DAN MENUNTUT BATALKAN KENAIKAN BBM

Salam Pembebasan !!!

Sekitar Jam 14.00 Hari Senin 30/6/08 sekitar 50 Mahasiswa Yang tergabung dalam Serikat Mahasiswa Indonesia Cab Jakarta melakukan Demontrasi di Depan Istana Negara dengan membawa Isu “Batalkan Kenaikan Harga BBM, Berikan Subsidi pada rakyat dan Tinggalkan Elit & Parpol Penipu Rakyat”.

Aksi massa yang dilakukan oleh SMI Cab Jakarta jelaslah aksi damai dan Simpatik dengan membuat surat pemberitahuan Aksi yang sudah di Fax Ke POLDA METRO JAYA pada hari minggu 29/06/08 sekitar jam 19.00, namun Pada Saat aksi berlansung oleh pihak Polda dinyatakan bahwa Surat Pemberitahuan itu belum diterima itulah yang di jadikan dasar Oleh Pihak Polda Metro Jaya Untuk memberikan Intruksi Pada Polsek Gambir Untuk Membubarkan Aksi SMI Cab Jakarta.

Sekitar Jam 15.15 massa aksi di minta untuk membubarkan diri oleh polisi, perangkat aksi ingin menutup aksinya dengan orasi terakhir dari ketua SMI cabang Jakarta, tapi Polisi memaksa mengambil pengeras suara (Toa), dari kordinator aksi (korlap), disitu mulai terjadi tindakan refresif dan Intimidatif terhadap massa aksi dalam terjadi pembubaran paksa oleh polisi, satu-persatu massa aksi di tarik oleh polisi yang disertai pemukulan, tendangan, rambut di jambak, dan di seret ke Mobil tahanan. Dan Akhirnya Para Polisi Berhasil membawa sekitar 35 Anggota SMI Untuk di Proses lebih lanjut di Polda Metro Jaya.

Tentu saja jika di pandang dalam berbagai sudut apapun Tindakan Represi yang dilakukan Oleh Jajaran Kepolisian Khususnya Polres Metro Jakpus dan Polsek Metro Gambir tidak dapat di benarkan, Karena Secara prinsip Aksi SMI Cab Jakarta adalah aksi Legal karena sudah memberitahukan Ke POLDA METRO JAYA. Kondisi ini jelas semakin menunjukkan bahwa Sikap Kepolisian (Khsususnya POLDA METRO JAYA) sangat tidak Profesional dalam Penanganan Aksi massa alias tidak melindungi massa aksi malah melakukan tindakan ceroboh yakni merepresi Massa Aksi.

Tentu saja kasus represi dan kekerasan terhadap demontrasi rakyat dan gerakanya tidak Hanya terjadi satu kali di Negeri ini, melainkan sangat banyak kasus represi yang dilakukan oleh Kepolisian R I di berbagai daerah. Oleh Karena itu Kami Dari Serikat Mahasiswa Indonesia menyatakan Sikapnya:

1. Mengecam Tindakan Sewenang-wenang dalam bentuk represi yang dilakukan Oleh Kepolisian  khususnya Polres Metro Jakpus dan Polsek Metro Gambir Kepada massa Aksi SMI.

2. Jamin Keamanan dan Rehabilitasi Nama Baik 35 Anggota SMI

3. Batalkan kenaikan BBM

Dan kami Dari Serikat Mahasiswa Indonesia, tetap menyerukan kepada massa rakyat dan kekuatan Progresif Di Indonesia Untuk :

  1. Tetap melawan kenaikan Harga BBM, karena tidak menutup kemungkinan harga BBM pada tahun 2009, akan mengalami kenaikan sesuai dengan harga pasar Internasional.
  2. Bergabunglah dan bangun dengan Komite-komite perlawanan dan aliansi rakyat yang independent sebagai wadah perjuangan dan persatuan rakyat Indonesia yang bebas dari kepentingan politik praktis.
  3. Bangunlah posko-posko perlawanan sebagai media komunikasi dan konsolidasi untuk pendidikan pendidikan politik yang mengupas sebab dasar kenaikan BBM yang hakikatnya adalah dampak dari kebijakan ekonomi-politik neoliberal (Penjajahan gaya Baru).

Demikian Siaran Pers Ini Kami Buat, terima kasih.

Jakarta, 30 Juni 2008

Tertanda

“Kent” Yusriansyah

Ketua Umum KPP-SMI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s