Demo Sopir, Pelabuhan Pangkalbalam Lumpuh

Senin, 30 Juni 2008 | 16:20 WIB

PANGKALPINANG, SENIN – Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang, Senin (30/6) lumpuh. Kapal kargo pengangkut sembilan bahan pokok dan bahan lainnya tidak dibongkar muat akibat 300 truk pengangkut yang biasanya mondar-mandir sekitar pelabuhan tak beroperasi.

Pantauan hari ini, ada sekitar tujuh kapal kargo diantaranya Mandiri 18, Sentosa 203, Tetap Jaya, Buana Pertiwi, Mekar Mandiri, Arta Mulya, dan Kapal Layar Motor (KLM) Takdir belum melakukan bongkar muat yang bersandar di Pelabuhan Pangkalbalam. Begitu pula terhadap crane (pengangkut) barang tidak ada aktivitas.

Sementara itu ratusan kendaraan roda empat truk dan fuso yang biasanya lalu lalang mengangkut barang, terlihat hanya terparkir di jalan depan pintu gerbang masuk ke Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang. Begitu pula dengan tronton ada yang diparkir di halaman dermaga pelabuhan.

Sedangkan para sopir hanya duduk berkumpul mendiskusikan agar mereka dipermudah untuk mendapat BBM solar.

Ditemui di eks Terminal Lama di Pangkalbalam, Abdul Razak — mewakili sopir — minta agar dipenuhi kebutuhan BBM untuk kendaraan truk dan fuso yang melakukan aktivitas di pelabuhan.

“Permintaan kami tidak banyak-banyak, hanya kami minta agar BBM solar khusus mobil truk dan fuso yang melakukan aktivitas di Pangkalbalam diberi kemudahan untuk mendapatkannya,” ungkapnya seraya menyebutkan kendaraan truk dan fuso yang ada di Pangkalbalam sekitar 300 unit.

Menurut Abdul Razak, saat antre di SBPU mau mengisi BBM, tiba gilirannya disebutkan solar habis. “Jadi antrean itu tidak berlaku lagi dan di SPBU sudah tidak teratur lagi,” jelas Abdul Razak.

Abdul Rozak melanjutkan, para sopir tidak melakukan aktivitas mulai sekitar pukul 08.00 WIB. “Akan kita lihat dulu titik terangnya dulu. Kalau tidak ada mungkin sampai tiga hari,” tambahnya. (Bangka Pos/Agus Nuryadhin)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s