Mayday dan Persatuan Gerakan Rakyat

Oleh: Beny Y

Pada saat ini kondisi ekonomi-politik Indonesia semakin mendekati titik-nadirnya, permsalahan yang dialami rakyat semakin menghimpit dan semakin tak tertahankan. Kenaikan tingkat inflasi hanya disikapi dengan program-program parsial oleh rezim borjuis komprador yang menguasai pemerintahan republik ini.

Dapat kita saksikan di berbagai media dan kita ketahui secara langsung sebagai kader-kader pelopor yang belajar dan berjuang bersama rakyat klas pekerja bahwa sekarang gerakan buruh sedang memasuki masa pasang-nya. Hal ini diakibatkan mulai diprivatisasinya BUMN-BUMN strategis yang bergerak dibidang transportasi.

Demonstrasi penolakan privatisasi, kerja kontrak dan outourching yang dilakukan oleh buruh PELNI dan PJKA Jabodetabek merupakan suatu bukti nyata dari mulai bergeraknya kesadaran buruh atas dasar dari permasalahan mereka, yakni Neoliberalisme.

Disatu sisi pemecahan dan penggembosan konsolidasi gerakan buruh pun dilakukan oleh serikat buruh kuning dan serikat buruh yang dipengaruhi oleh partai borjuasi. Sangat ironi bila elit-elit pengurus SPSI, SBSI, SPN dan SPMI teryata terbukti telah melakukan perselingkuhan dengan modal. Dengan iming-iming tiket pemilu 2009 mereka telah bersedia menjadi agen modal untuk mulai memecah persatuan gerakan buruh.

Hal ini kalau terus dibiarkan akan semakin membahayakan gerakan buruh!

Strategi konsolidasi menuju persatuan kita harus kita arahkan langsung kepada massa buruh yang belum lagi menyadari penkhianatan yang dilakukan oleh para elit serikat buruh komprador ini. Konsolidasi dan penyadaran kepada massa harus difokuskan pada penolakan: privatisasi, kerja kontrak dan outsourching dan bila memungkinkan kita harus memblejeti perselingkuhan para elit-elit oportunis tersebut. Adalah menjadi kewajiban kita sebagai kader pelopor untuk segera bergerak mengkonsolidasikan gerakan buruh dan gerakan sektor rakyat lain, untuk bersama gerakan buruh melawan Neoliberalisme.

Tanpa adanya inisiatif dari kita maka konsolidasi massa tidak akan berjalan dengan maksimal, yang terpenting yang harus kita lakukan pada saat ini adalah menyadarkan massa rakyat akan permasalahan dasar mereka dan memblejeti kelakuan elit-elit opotunis yang mengatasnamakan dan bertopengkan gerakan buruh.


1Pandangan pribadi penulis dalam menyikapi perkembangan konsolidasi Mayday

2Penulis aktif sebagai anggota Dept.Pendidikan dan Kaderisasi KP-PPI Jakarta

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s