Tuntut Sekolah Gratis, Mahasiswa Demo DPR

Hervin Saputra

VHRmedia, Jakarta – Sekitar 500 mahasiswa dari Serikat Mahasiswa Indonesia berunjuk rasa di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Kamis (14/2). Mereka menuntut pemerintah memberikan pendidikan gratis dan menghapuskan SK Dirjen Pendidikan Tinggi yang melarang aktivitas ormas dan partai politik di kampus.

Ketua Umum Komite Pimpinan Pusat Serikat Mahasiswa Indonesia, Yusriansyah, mengatakan pemerintah selama ini tidak menerapkan kebijakan pendidikan yang memihak rakyat. Aturan membentuk Badan Hukum Pendidikan untuk perguruan tinggi mengarah pada privatisasi pendidikan. “Jika itu dilakukan, efek paling nyata yang dirasakan masyarakat adalah mahalnya biaya pendidikan,” katanya.

Menurut dia, selain menaikkan biaya pendidikan, pemerintah juga masih berupaya memberangus kebebasan berekspresi mahasiswa di kampus. Belum dicabutnya SK Dirjen Dikti Nomor 26 Tahun 2002 tentang pelarangan aktivitas ormas dan partai politik di kampus menunjukkan pemerintah tidak menghendaki kebebasan beraktivitas politik bagi mahasiswa.

Selain melalui aksi massa, untuk memperjuangkan pendidikan gratis bagi masyarakat, Serikat Mahasiswa Indonesia juga menyelenggarakan pendidikan gratis yang dinamai Sekolah Rakyat di beberapa permukiman kumuh di Jakarta dan Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s