Pedagang Jalan Barito Berjaga Hadapi Penggusuran

17 Januari 2008 – 12:2 WIB, Kurniawan Tri Yunanto,VHRmedia.com, Jakarta

Nasib pedagang bunga dan ikan hias di Jalan Barito, Jakarta Selatan semakin tidak menentu.  Dini hari, Kamis (17/1) para pedagang dicekam ketakutan karena isu penggusuran semakin santer terdengar di pagi hari buta.

Suasana di taman Ayodya yang berada tidak jauh dari lokasi kios para pedagang di Jalan Barito sempat tegang, usai menggelar doa bersama dan orasi di lokasi yang akan di gusur, pedangan kemudian berjaga penuh cemas. “Namanya pedagang tradisional duitnya ya segitu saja. Mereka pasti khawatir, dan mengamankan barang dagangannya menjadi pilihan. Faktanya, penggusuran itu kan represif, destruktif dan cenderung ada unsur kekerasan. Karena itu pedagang mencoba menyelamatkan asetnya,” kata Cahyo salah satu Koordinator pedagang Barito.

Menurut Cahyo, ketika perwakilan pedangan melakukan unjuk rasa di Balai Kota DKI Jakarta (13/1) lalu, pedagang yang tinggal di kios sempat di datangi petugas Satpol PP Kecamatan Gandaria menggunakan 3 mobil. Mereka mendesak para pedagang menandatangani surat perintah bongkar. Pedagang mengaku tidak pernah menerima surat tersebut karena tidak pernah disosialisasikan sebelumnya. “Ini jelas sekali ada unsur kesengajaan. Ketika koordinatornya dipanggil, pedagang yang tinggal dipaksa untuk menandatangani surat perintah bongkar,” ujarnya.

Meski hingga pagi tadi penggusuran belum juga terjadi, para pedagang memilih tetap berjaga-jaga di taman Ayodya karena hari ini merupakan batas akhir penggusuran kios pedagang di jalan Barito. “Yang jelas tetap jadi digusur. Hanya persoalan waktu saja. Kemungkinan pagi atau siang harinya,” kata salah seorang penjaga di kantor Walikota Jakarta Selatan. (E1)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s