KTT ASEAN:Empat Dokumen Ditandatangani Lagi

SINGAPURA (Lampost): Empat dokumen kembali ditandatangani pada hari ketiga Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Hotel Sangri-La, Singapura, Rabu (21-11). Dokumen yang akan ditandatangani adalah hasil KTT ke-11 ASEAN-Jepang, perjanjian perdagangan jasa demi kerja sama ekonomi yang komprehensif dengan Korea Selatan, memorandum of understanding (MoU) pendirian ASEAN-Korea Center, dan dokumen hasil KTT Asia Timur yang diberi label Deklarasi Singapura atas Perubahan Iklim, Energi, dan Lingkungan Hidup.

Tidak semua dokumen ditandatangani kepala pemerintahan, tetapi sebagian ada yang diteken menteri. Sehari sebelumnya, juga ditandatangani empat dokumen. Salah satu dokumen bersejarah yang diteken 10 negara anggota adalah Piagam ASEAN.

Tiga dokumen lain, Declaration on the ASEAN Economic Community Blueprint, Declaration on Environmental Sustainability, dan ASEAN Declaration on the 13th Session of the Conference of Parties (CoP) to the United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) and the 3rd Conference of Parties Serving as the Meeting of the Parties (CMP) to the Kyoto Protoco.

Negara-negara anggota ASEAN plus three (ASEAN+3) juga sepakat menetapkan empat agenda dalam kerangka kerjasama saling menguntungkan periode tahun 2007–2017, antara lain mengembangkan teknologi informasi dan telekomunikasi (ICT).

Dokumen kerja sama ASEAN+3 yang ditandatangani pada penyelenggaran KTT ASEAN ke-13 di Singapura, Selasa (20-11) itu menyebutkan ASEAN dengan mitranya Jepang, China, dan Korea Selatan, sepakat mengidentifikasi berbagai bentuk kerjasama komprehensif sebagai bagian dari implementasi ASEAN Economic Community tahun 2015.

Empat agenda tersebut yaitu pertama, kerja sama politik dan keamanan, kedua ekonomi dan keuangan, ketiga energi, lingkungan hidup, perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan, keempat sosial budaya, kelima mekanisme dukungan institusi.

Penandatanganan kerja sama dilakukan berturut antara 10 kepala negara dan pemimpin ASEAN dengan PM Perdana Menteri Yasuo Fukuda, PM China Wen Jiabao, PM Presiden Korea Selatan Roh Moo-Hyun.

ASEAN dan ketiga mitranya menyatakan komitmen mengatasi kesenjangan digital di kawasan ini, mengembangkan e-goverment, e-commerce, belajar jarak jauh, dan pengamanan dunia maya dan pemonitoran jaringan, serta transaksi elektronik untuk daerah perbatasan.

ASEAN juga meningkatkan kerja sama dan pengembangan interkoneksi kapasitas tinggi infrastruktur informasi di negara-negara ASEAN dan ketiga mitranya, seperti kebijakan dan regulasi ICT menuju era komunikasi berbasis next generation network (NGN).

Selain itu juga disepakati pengembangan internet protokol versi 6, teknologi internet pita lebar, dan perkembangan teknologi baru lain.

Di bidang kerja sama politik dan keamanan, ASEAN+3 memandang perlu peningkatan stabilitas dan perdamaian seperti mencegah aksi terorisme seperti memperketat pengamanan di perbatasan, mengatasi tindakan pencucian uang, memberantas peredaran narkoba, dan senjata ilegal.

Di sektor perdagangan dan investasi, ASEAN+3 terus menggalakkan program penurunan dan penghapusan tarif, sebagai bagian negosiasi dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), yang memiliki relevansi dengan program generalized system of preferences (GSP).

Kerja sama juga terus digalakkan terutama di sektor pariwisata, pertanian, makanan, dan kehutanan.

Pertemuan yang penyelenggaraannya dilakukan di sela-sela KTT ke-13 ASEAN ini intinya bahwa pertemuan ASEAN+3 kali ini melanjutkan Chiang Mai Initiative yang menyepakati kerja sama keuangan Asian Timur, dengan meningkatkan bilateral swap arrangement menjadi 80 miliar dolar AS di antara delapan negara yang terlibat. n N-1

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s